Sebelum pergi ke Manila, kamu wajib tau 5 Transportasi umum yang ada disana

Hampir sama dengan Jakarta kemacetan telah menjadi keseharian sehari-hari bagi warga Manila yang dimana setiap harinya jalanan kota Manila ini di banjiri oleh oleh ratusan bahkan ribuan kendaraan pribadi dan taxi. Tapi meskipun begitu negara ini tetap menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi para wisatawan. 

Wisata populernya antara lain Intramuros, San Agustin, Rizal Park, Manila Ocean Park dan masih banyak lagi. Buat yang mau hunting tiket promo ke Manila, ayok buruan sekarang Cebu Pacific Air lagi ada promo flight Jakarta - Manila harganya 786.000 IDR untuk lengkapnya silahkan cek di website Cebu Pacific Air. Tapi sebelum pergi kesana sebaiknya kalian baca dulu 5 Transportasi umum yang ada di sana :

1. Jeepney 

Kalo kalian ke Manila tapi belum nyobain naik Jeepney berarti belum mabrur ke Filipina nya, buat yang belum tau Jeepney itu apa? Jeepney adalah sebuah angkutan umum (Mikrolet/ Angkot) yang penampakan nya menurut saya seperti perpaduan antara Jeep dan Oplet (Si dul anak sekolahan). Bentuk moncong depannya mirip mobil Jeep tapi bagian belakang mirip Oplet panjang ke belakang. Jeepney ini dulunya digunakan sebagai transportasi angkutan tentara Amerika pada perang dunia ke-2, tapi setelah perang berakhir Jeepney ini oleh tentara Amerika ada yang dibiarkan begitu saja dan ada yang diberikan kepada warga setempat.

Berbeda dengan angkutan umum di Indonesia yang dimana kita turun dulu lalu kemudian membayar ongkosnya di Manila kita membayar ongkos sebelum turun dari Jeepney. Kalo kita duduk dekat supir mungkin gampang ya? tapi buat yang duduk di paling ujung supir kita harus estafet ke penumpang lainnya. Untuk mengetahui rute dari Jeepney kita bisa langsung melihat rute yang ada di depan kaca/ samping bodi jeepney, jika ragu bisa menanyakan langsung ke supirnya apakah rute Jeepney nya melaui tempat tujuan kita atau tidak. 


2. UV Express Service

Transpotasi umum yang levelnya diatas Jeepney karena UV Express Service ber-ac kemudian jenis kendaraannya menggunakan mobil jenis kijang kapsul atau izuzu phanter tarifnya sendiri pasti lebih mahal dari naik jeepney untuk sekali jalan menggunakan UV Express Service kita dikenakan ongkos 15 PHP.


3. Tricycle

Tricycle adalah sebuah motor yang di modifikasi menjadi sebuah moda transportasi yang dapat menampung lebih banyak penumpang. Semacam mirip bentor / helicak gitu, biasanya Tricycle ini digunakan untuk melewati jalan atau gang sempit yang tidak bisa diakses oleh kendaraan roda 4. Untuk harganya sendiri tidak ada patokan tertentu kita tinggal tawar menawar saja.


4. Pedicab 

 Pedicab atau jika di Indonesia disebut becak, sekilas hampir mirip Tricycle sama -sama beroda tiga tapi jika Tricycle menggunakan kekuatan mesin untuk menjalankannya Pedicap menggunakan kekuatan kaki. Di Intramuros Pedicab ini lumayan sering saya jumpai karena emang biasanya digunakan untuk berkeliling Intramuros supaya gak capek. tapi kadang harga yang dikenakan untuk naik pedicab ini bikin capek mereka memasang tarif lumayan mahal dan kita harus tawar menawar untuk mendapatkan harga yang pas. Tapi saran saya JANGAN menggunakan Tricycle dan Pedicab karena rawan penipuan.


5. LRT-MRT

Transportasi selanjutnya adalah Metro Manila yang menjadi andalan kota ini ditengah kemacetan yang macet di Manila itu 11-12 kaya di Jakarta. Metro Manila ini mempunyai 2 rail sistem yaitu 2 line untuk LRT dan 1 line untuk MRT. Kondisi dan keadaan stasiun LRT-MRT disana please jangan bayangin kaya di Singapura soalnya kalo menurut saya lebih mirip kaya KRL AC di Jakarta. 

Karena baru mempunyai 3 jalur jadi belum semua tempat dapat diakses oleh LRT-MRT, misalnya seperti daerah bisinis di Manila yaitu Makati atau Quenzone City belum bisa diakses menggunakan LRT-MRT. Stasiun LRT-MRT juga tidak terintegrasi dengan pusat-pusat perbelanjaan maupun Bandara seperti di Singapura. Tapi jika kalian akan pergi ke Intramuros bisa naik LRT jalur 1 (yellow line) dan berhenti di Central Terminal Station

Gimana? udah tau sekarang, jadi kapan ke Manila?

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

81 komentar:

  1. Sepertinya mending sewa motor sendiri ya mas hehehehe. Tapia syik sih kalau mislanya naik kendaraan umum :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia saya belum tau di manila bs sewa motor apa ngga?

      Delete
  2. waiki. mlancongnya ke luar negeri teruss. ajak aku lah. haha
    aku kok pengen nyobain naik pedicab ya. lucu2 gmn gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan aja maz lagi ada kesempatan ke Luar

      Delete
  3. wah diphilipin kendaraan lumayan beragam juga ya, apa disana ngga ada taksi yang sekelsa blue bird dan kawan2, itu taksi kapsulnya agak aneh sih, hehe, kurang keren bentuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taxi sih ada juga disana, tapi lebih seru naik angkutan yg ga ada di Indonesia

      Delete
  4. becaknya unik yaa kak...jadi pengen nyobain hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik, yang gowesnya di samping bukan di belakang kaya becak Indonesia

      Delete
  5. walaaah udah sampe manila juga
    abal-abal darimananya si abang kita yg satu ini -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abal-abal soalnya kadang nge-blognya suka ga jelas gitu ngalur ngidul

      Delete
  6. hihiihhi... jeepney keren n lucu tuh

    ReplyDelete
  7. Gak ada ojek ya mas? Kalo gak ada kesempatan emas nih buka trayek *otak cina*

    ReplyDelete
  8. Moda transportasinya unik-unik banget. Sama seperti di Indonesia ya mesti nawar, atau siap2 ditipu soal harga.

    ReplyDelete
  9. Kendaraan umumnya macam macam juga ya. Dan rata-rata hampir sama kyk di Indonesia X)

    ReplyDelete
  10. Keren2 ya, unik.. Jadi pengen nyoba untuk jalan2.. hehe

    ReplyDelete
  11. Duluuu penasaran dan pingin ngerasain jeepney di Philipine. Tapi setelah baca ini dan lihat keunyuan pedicab, wuihh ini juga harus dicobain! Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pedicab unyu banget tapi awas kena scam :D

      Delete
  12. Pedicap kayaknya unik banget. Pengen nyoba ah :)

    ReplyDelete
  13. Naik jeepney penasaran deh.. Berasa tentara mau perang kali kalau naik itu wkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... sama aja kaya miktolet desek2an kalo penuh

      Delete
  14. Jeepneey kok unik gimana gitu ya Mas :D wkwkw

    ReplyDelete
  15. Jeepney dan pedicab nya unik ya mas. Beneran nggak tau tarifnya mas? Bukan salah satu korban penipuan kan?#ups,kabuuur

    ReplyDelete
  16. pedicab seperti becak, tapi agak malu kalau sampingan begitu sama pengendara, nanti kalau selfie diliatin deh *eh

    ReplyDelete
  17. ke manila cmn pernah transit :))

    ReplyDelete
  18. Nomor satu keren abis tuh.

    Terus itu becaknya lucu juga. :D

    Ya, semoga aja bisa ke sana nanti. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. ajakin ya kalo kesana sekalian bayarin hahaha

      Delete
  19. Yang UV express ini aku blm pernah nyoba, waktu kemanila lebih banyak naik jeepney ama mrt

    ReplyDelete
  20. Banyak scamnya ga mas transportasi umumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sih tapi tergantung kitanya jangan tampilin wajah lugu

      Delete
  21. Ternyata sarana transportasi di sana gak beda jauh ya sama yang ada di kita. Wajar sih, masih Asia Tenggara.

    Gile. Kang Budi jalan-jalan terus nih. Bisa ke Filipina lagi..

    ReplyDelete
  22. Waduh jadi ngabala gini. Maaf nya kang, ini gara-gara koneksi internet lambat euy...

    ReplyDelete
  23. Wah kalo naik padicab berapa ya mas bayarnya...
    aku sih belum pernah tapi setahuku kisaran 20ribuan ya kalo jaraknya lumanyan...

    ReplyDelete
  24. sumpaaaah jeepneynya lucuuuu bangeet

    ReplyDelete
  25. pedicabnya lucu lhooo pengen naik becak versi manila ini
    tapi penipuannya gimana maksudnya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tarifnya seenak jidat dia ga sesuai perjanjian awal, ya macam2 lah modusnya

      Delete
  26. wanjirr transportasinya unik unikyaa,, emang negara yang beda mantap

    ReplyDelete
  27. Nyobain kendaraan-kendaraan yang khas itu emang asik.. kalo dari daftar itu kayaknya Jeepney-lah yang paling wajib dicoba

    ReplyDelete
  28. Gue pengen ke Manila hanya buat cobain LRT / MRT-nya. Biar nanti bisa bikin tulisan komparasi MRT-MRT di Asia Tenggara, hehe. Sabtu Minggu pun nggak masalah, yang penting ada duitnya, hahaha.

    Kalau browsing gambar dan video LRT Manila, keretanya selalu penuh dengan lautan manusia. Keretanya tua, stasiunnya juga tua, sistem rapid transit pertama di Asia Tenggara namun sayangnya minim perbaikan sehingga jadi kalah pesat dari Singapura, bahkan Thailand. Malah antrian penumpangnya sampai ke jalan-jalan, bah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Nugie infrasrukturnya kurang update kalah sama negara tetangga, iya kurang lebih manila ama jakarta itu 11-12 lah

      Delete
  29. Manila asik ya, tapi kalo pake transportasi umum suka ngeri di naikin abis harganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo naik tricycle atau pedicab tapi kalo yg lain udah ada tarifnya kok

      Delete
  30. Jadi LRTnya belom bisa terhubung dengan bandara ya? soalnya suka denger kalo taksi di sana parah gila. Eh tapi seingatku juga dari bandara ada angkot ya? hehe.

    Aku kalo ke Filipina, mau selpi sama jeepneynya ah.

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya LRTnya belum sampe bandara kaya singapura dll

      disana angkotnya itu Jeppney maz yayan

      Delete
  31. aiih tau aja kita butuh banget info ginian

    ReplyDelete
  32. Yang paling bikin penasaran sih jeepny ya. Kalau ke sana pengen naik itu.

    ReplyDelete
  33. Becak di Manila ama di Δ°ndo ga jauh beda ya rawan nipu wisatawan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ .

    ReplyDelete
  34. Kendaraan umumnya mirip-mirip aja ya dengan Jakarta, hehehe. Uber atau Grab gitu tetep ada kan Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya kurang tau Uber ama Grab udah ada atau blm di Manila

      Delete
  35. wahh harus hati-hari dong ya kalau pilih-pilih kendaraan disana biar gak kena tipu..

    ReplyDelete
  36. aku yang suka dengan sepeda tiga yang udah di modifikasi .... keren tu

    ReplyDelete
  37. wah kalo bisa icipin live kayaknya bakal makin keren mas mantap....

    ReplyDelete
  38. Mengingat kakiku jenjang bak model tapi badan kayak ibu-ibu hamil, tidak bakal mungkn mencoba menaiki Jeepney. Bisa-bisa kaki keram pas turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau kalo ada ibu2 hamil tapi kakinya jenjang? Hahaha

      Delete
  39. naik sepda trycycle nya kayaknya jadi pengalaman yang berkesan tu Mas

    ReplyDelete
  40. satu ini negara yang belum saya kunjungi, tiketnya jarang promo sih hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hunting di https://www.cebupacificair.com/en-id banyak promo jakarta - manila

      Delete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D