Yuk intip olahan Ikan asap khas Minahasa, Sulawesi Utara

Source : http://seputarlampung.co.id + Edited by PicArt
Berbicara soal letak dan geografis dari Sulawesi Utara, luas wilayah Sulawesi Utara yang mencapai 15.241.46 km persegi dan terbagi ke dalam 9 daerah kabupaten / kota definitif, merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasific, Samudera terbesar di dunia. Oleh karena itu Sulawesi Utara menjadi wilayah yang kaya akan sumber daya lautnya. Ikan Cakalang juga merupakan salah satu komoditas perikanan di Sulawesi Utara. Oleh sebab itu Ikan Cakalang menjadi ikan yang paling gampang dicari di Sulawesi Utara, kalian dapat menemukannya di pasar-pasar tradisonal bahkan di supermarket. Ikan Cakalang yang dijual dalam bentuk segar, beku, ikan kaleng, ikan kering atau ikan asap. 

Source : http://ekobiologiikan.blogspot.co.id
Source : http://www.ikanricarica.com
Ikan Cakalang Fufu merupakan ikan yang berukuran sedang dengan panjang tubuh bisa mencapai 1 meter dengan berat lebih dari 18 kg, tubuh berbentuk memanjang dan agak bulat, dengan dua sirip punggung yang terpisah. Sirip punggung pertama terdiri dari 14-16 jari-jari tajam, sirip punggung kedua yang terdiri dari 14-15 jari-jari lunak, sirip dubur berjumlah 14-15 jari-jari. Bagian punggung berwarna biru keungu-unguan hingga gelap, bagian perut dan bagian bawah berwarna keperakan, dengan 4 hingga 6 garis-garis berwarna hitam yang memanjang di samping badan. Badan tidak memiliki sisik kecuali pada bagian barut badan dan garis lateral. 

Source : http://kompas.com
Kampung yang terkenal dengan sebutan "Kampung Cakalang Fufu" atau "Cakalang Asap" berada di Kelurahan Girian Atas, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Disini hampir sekitar 75% penduduknya berprofesi sebagai pengasap ikan. Ada sekitar 20-an pengusaha kecil yang tergabung dalam kelompok usaha Ikan Cakalang Fufu, dengan produksi mencapai 200 kg Ikan Cakalang fufu perharinya. Buat yang belum tau apa itu Cakalang Fufu, Cakalang Fufu adalah hidangan ikan cakalang olahan yang diberi bumbu, di asap kemudian di jepit oleh semacam batang/ kerangka bambu, Cakalang Fufu juga merupakan hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Hasil dari produksi dari "Kampung Cakalang Fufu" atau "Cakalang Asap" di pasarkan ke sekitar Sulawesi Utara, seperti Bitung, Minahasa, Manado, hingga ke Tomohon.

Source : http://explore-north-sulawesi.blogspot.co.id
Source : http://mytravelandfooddiary.files.wordpress.com
Cara mengolah Ikan Cakalang : Pertama Setelah ikan cakalang dibersihkan dengan dibuang sisik dan jeroannya terlebih dahulu, kemudian daging ikan cakalang dibelah dua dan dijepit oleh batang/ kerangka penjepit yang terbuat dari bambu. Kedua daging ikan cakalang dilumuri garam dan bubuk soda, kemudian ikan cakalang menjalani proses pengasapan dengan panas api dan asap. Dalam proses pengasapan panas harus merata hingga daging ikan cakalang matang dan kering. Proses ini menghabiskan waktu kira-kira empat jam untuk pengasapan dan dua jam untuk pendinginan. Untuk mengetahui daging ikan cakalang yang sudah matang adalah dengan cara melihat perubahan warna dari ikan cakalang yang berubah menjadi kemerahan dengan tekstur sedikit empuk, kering dan tidak berair.

Jika diproses secara tepat Ikan Cakalang Fufu dapat tahan disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan. Cakalang fufu ini dapat dikonsumsi tersendiri dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi hangat dan dabu-dabu, Jadi bahan untuk memasak hidangan lainnya. Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mie cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai atau bisa juga di kreasikan sesuai selera kalian. Oh iya selain itu Ikang Cakalang juga merupakan salah satu sumber protein hewani yang kaya akan omega 3 yang sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia

*Tulisan ini juga diikutsertkan dalam Lomba penulisan blog atau vlog Jelajah Gizi 4: “Membedah Nilai Gizi Masakan Minahasa” bersama Nutrisi Untuk Bangsa ke Sulawesi Utara yang diadakan olah Sarihusada. Untuk detail perlombaan silakan kunjungi Website  / Facebook Nutrisi Untuk Bangsa.

 

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

102 komentar:

  1. Ikan Cakalang ini di beberapa tempat lebih dikenald engan sebutan Ikan Tongkol :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener maz sebagian orang menyebutnya ikan tongkol

      Delete
  2. aku suka ikan cakalang fufu

    ReplyDelete
  3. Paling suka cakalang yg dimasak rica rica. Bikin nambah makan he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus nasi hangat ya mba :) *langsungngiler

      Delete
  4. Itu kok kayaknya enak ya cakalang asapnya :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cobain makan ikan cakalang fufu khas Minahasa

      Delete
  5. Duch cakalang fufu sambel roa nya minahasa ini juara banget, aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan ajakin saya ke Minahasa? #loh

      Delete
    2. Paling mantep kalau di bikin Abon. Juaraa rasanya. Yuk tak ajak ke manado (minahasa) sambil icip2 juga makanan extreme minahasa. Hahaha

      Delete
  6. waaah cakalangnya menggodaaah...seger2 n enyaaak

    ReplyDelete
  7. Menggoda selera ini. Bisa gagal diet kalau liat langsung hehee

    ReplyDelete
  8. wah. om Budy rajin banget nih ngeblog. salut deh.
    Suka banget sama ikan asap. aku biasa beli kalau pas mampir ambon

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh ada maz Hanif, iya nih mendadak rajin gegara banyak lomba blog *eh

      Delete
  9. Baru tahu ternyata cakalang itu sama dengan tongkol dari fotonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ikan Cakalang itu dibeberapa tempat namanya Ikan Tongkol

      Delete
  10. Dimakan dengan nasi anget, lalap dan sambel pedes, sedaaap :)

    ReplyDelete
  11. Duh kebanyang enaknya ikan ini

    ReplyDelete
  12. Alamaaakkkk.. saya itu masih penasaran banget sama ikan asap, karena di daerahku enggak ada. Eehh ini postingan bikin saya baper karena pengen menyantap ikan asap itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... maaf ya bikin baper ama ngiler :D

      Delete
  13. nasi panas+ikan cakalang+sambel pasti lezat banget

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen juga nih kang nyoba olahan ikannya soalnya kalau saya mah paling cuma olahan ikan biasa kalau makan dengan ikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling di goreng atau di pepes gitu mungkin ya? ayok cobain ikan cakalang fufu

      Delete
    2. Nah itu dia kang hanya digituin saja olahannya gak ada yang beda.

      Delete
    3. ayok kreasikan makananya supaya lebih variatif

      Delete
  15. jadi pengen menjelajah sulawesih lebih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sulawesi utara?? ayok ikutan #JelajahGizi2016

      Delete
  16. Jadi ikan cakalang asap ini bisa bertahan satu bulan ya. Lama juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa tahan sampe 1 bln jadi cocok buat oleh2

      Delete
  17. makan sama ikan tongkol enak nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bangetttt ikan tongkol / ikan cakalang

      Delete
  18. Ikan cakalangnya gendut dan seger gitu, kebayang ih makannya pake sambel roa nya yang endeuuus itu :) *lap iler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gemuk dan semok ikan cakalangnya ya.. hahaha

      Delete
  19. Aku suka banget niih.... jadi kangen masakan mama ��

    ReplyDelete
  20. Waaahh... ikan sambalado. Jadi laper lihatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. maaf ya bikin baper ikannya kak chocky

      Delete
  21. kapan ya saya bisa ke makasar lagi...terakhir disana makannya soalnya...

    ReplyDelete
  22. wihh mantap mantap mantap pesen satu mas, yang 18kg :)

    ReplyDelete
  23. ikan cakalang :3
    pernah coba dan enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pernah nyoba ikan cakalang jg ternyata

      Delete
  24. Kalau di Madura, ikan Cakalang dibuat paes enak banget Mas rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa dijadiin beragam olahan ternyata kirain cuma diasap dan diabon aja :)

      Delete
  25. Orang Brunei 🇧🇳 panggil ikan tongkol
    Sedap dimasak pedass

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah orang brunei jg suka ikan cakalang / ikan tongkol ya..

      Delete
  26. wah kangen makan ikan ini di makassar

    ReplyDelete
  27. Aku sebulan seklai makan ikan cakalang fufu, mas. ENaakk. Jadi ingat Ambon :)

    ReplyDelete
  28. Kok gw ngiler yah liat ikan asep

    ReplyDelete
  29. Ikan Tongkol di asapin !!! Baca ni artikel pas hujan !!! Njirrrr, bgmn asa ku utk memuaskn hasrat ini ... Laparrrr.
    Awas loe bro akan ane balas dgn rilis artikel goyang lidah dengan pekasam ikan khas suku kalimantan. Hehehehe
    Salam gembel dari www.sangfajar.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. widih ga sabar nunggu postingan balasannya. hehehe

      Delete
  30. saya suka ni cakalang asap, bau bakarannya khas bener mas bud, mpe ke sini nih wkwkwk

    ReplyDelete
  31. mendadak laper, jadi pengin nyobain ikannya :D

    ReplyDelete
  32. semoga pas rejeki mas pas adem juga di bumi sulawesi hehe mantap mas... ^-^ sukses

    ReplyDelete
  33. Pantesan ikan Cakalang Fufu ini enak banget, cara pembuatannya lama begitu ;)

    ReplyDelete
  34. Ah aku seafood addict mau ikan apapun juga suka. Asal jangan ikan duyung aja sih hahaha

    ReplyDelete
  35. Gak suka ikan tapi liat ini kok ngeces yaaa? #faktorlapar

    www.irhamfaridh.com | Trisvelogue

    ReplyDelete
  36. Enak ikan ini, gurih pastinya. Durinya dikit dan dagingnya tebal. Biasanya digoreng atau dimasak mangut juga lezat. Pokoknya ngabisin nasi deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Ikan Cakalang / Tongkol ini durinya dikit tapi dagingnya tebal

      Delete
  37. aduhh aku doyan sekali ikan ini :D .. hmmm pingin jalan-jalan ke Sulawesi, selain itu pingin cobain pisang epek makassar :D

    ReplyDelete
  38. Haaa! Baru tahu kalau cakalang=tongkol.
    Hampir sama dengan bandeng ya,kaya akam omega 3. Kemarin dapat hadiah suplemennya. Langsung dikonsumsi untuk membantu menurunkan LDL si kolesterol jahat dan meningkatkan HDL si kolesterol baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba Ikan Cakalang kaya akan omega 3

      Delete
  39. saya suka banget makan cakalang tapi di jawa mahal ya mas

    ReplyDelete
  40. Kayanya saya belum pernah nyoba

    ReplyDelete
  41. ikan cakalang ini aku belum pernah nyobain neh

    ReplyDelete
  42. ikan cakakalang dapat di buat hidangan apa aja selain menjadi ikan asap dan lain sebagainya..
    dan ini dpat bertahan lama,( jika ikan cakakalang yang telah di asapi )

    ReplyDelete
  43. Jadi kangen kampung halaman :D
    kalau ke Tomohon, rumah saudara itu dekat sekali dengan pasar. Jadi sering banget beli-beli cakalang fufu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata maz yopie asli Tomohon? kirain asli Lampung

      Delete
  44. Ahh,, suka banget sama cakalang Fufu. Cakalang macam ikan serba bisa diapain, apa lagi kalo udah jadi cakalang suir, terus pedes maksimal ala sambal Roa.. Wooaahh. Lapar....

    ReplyDelete
  45. Aduhhhh... Ikan cakalang ya... Langsung ngiler nih, kebayang nikmat dagingnya habis diasap.

    ReplyDelete
  46. aku tuh sbnrnya kurang suka ikan.. tapi kalo diasapin gini mas, beeuuuh bisa nambah2 makannya :D.. apalagi pake sambel roa ato dabu2 ;)..

    ReplyDelete
  47. ohhh ... ternyata ikan Cikalang itu ikan tongkol ya ??? kalau didaerah aku mas

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D