Ini dia 6 hal menarik yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu musim panas di Melbourne

Source : http://google.com + edited by PicArt
Negara yang cocok untuk liburan musim panas menurut saya adalah Australia, kenapa Australia? karena saking luasnya Australia sampai menjadi benua tersendiri di dunia, kebayangkan berapa banyak objek wisata yang ada disana. Negara yang mempunyai jumlah penduduk kurang dari 30 juta jiwa ini juga dinobatkan sebagai salah satu negara dengan tingkat kehidupan yang sangat baik didunia. 

Salah satu kota di Australia favorit saya adalah Melbourne, kota terbesar kedua di Australia ini sangat tertata rapi membuat kota Melbourne begitu menyenangkan. Melbourne juga sangat cocok untuk liburan bersama pasangan, teman bahkan bersama keluarga. Ada banyak objek wisata di Melbourne yang bisa anda kunjungi saat musim panas. Ini dia 6 hal menarik yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu musim panas di Melbourne :

1. Berkeliling kota Melbourne dengan Trem Gratis 

Source : http://www.weekendnotes.com/

Salah satu transportasi publik di Melbourne adalah Trem, Melbourne merupakan kota dengan jaringan Trem terbesar di dunia.Trem adalah salah satu transportasi andalan di kota ini terutama dipusat kota. Untuk melayani para turis pemerintah negara bagian Victoria ini juga menyediakan Trem GRATIS untuk mengelilingi kota Melbourne. Rute Trem tersebut adalah Flinders Street > Harbour Esplanade > Docklands Drive > La Trobe Street > Victoria Street > Nicholson Street > Spring Sreet > Flinders Steet dan arah kebalikannya. Di dalam Trem akan diberikan informasi tentang objek-objek wisata yang akan dilewati. Cara yang paling mudah untuk yang pertama kali ke Melbourne adalah dengan naik Tram di tempat-tempat yang bertanda "City Circle".


2. Mengenali seni dan budaya di Fed Square

Source : http://www.australia.com/
Federation Square atau yang dikenal juga dengan Fed Square ini terletak di Flinders Street dan Swaston Street letaknya tepat berada di Sebrang Flinders Street Station dan St. Paul's Catherdral. Feb Square ini dibuka sejak 26 Oktober 2002 tempat yang dicintai warganya tapi sekaligus diprotes karena menyangkut arsitekturnya yang sangat unik. Tata letak Fed square sendiri terdiri dari sekumpulan bangunan berbentuk huruf U dengan pelataran yang menghadap Flinders Street Station. Fed Square juga merupakan pusat acara di Melboure dengan lebih dari 2000 ajang yang digelar setiap tahunnya, pengguna Fed Square ini antara lain NGV, SBD dan Australian Center for The Moving Image (ACMI). 

Source : https://www.youtube.com/benakribo
Setiap tahunnya Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Universitas of Melbourne ini mengelar Indonesian Film Festival di ACMI. Untuk tahun 2016 terpilih 7 film Indonesia yang akan di putar yaitu 'Filosofi Kopi' dari novel laris yang ditulis Dee Lestari, 'Another Trip to The Moon' karya Ismail Basbeth, 'Negeri Van Oranje' besutan Endri Pelita, 'Hijab' dari Hanung Bramantyo, 'The Sun, the Moon, and the Hurricane' karya Andri Cung yang juga sudah beberapa kali diputar di ajang film internasional, 'Nay' karya Djenar Maesa Ayu, dan 'Badoet' besutan Awi Suryadi. Setelah puas berkeliling Fed Square jangan lupa untuk beli ice cream sorbet pinggir jalan yang berada di depan ACMI seharga 9 AUD untuk 2 scoopnya. Dapat mendinginkan tenggorokan di musim panas Australia.


3. Blusukan ke Hoiser Lane Streert Art

Source : http://gillieandmarc.com
Hoiser lane adalah sebuah gang sempit yang dipenuhi aneka grafiti yang berasal dari cat semprot. terletak tidak jauh dari Fed Square, di sepanjang gang ini hampir seluruh jalanan dihiasi grafiti yang tidak beraturan, tumpang tindih tapi saat diliat menjadi indah. Grafiti ini dibuat oleh para orang-orang bertalenta dalam seni gambar yang sepertinya disetiap gambar yang dibuat oleh mereka terdapat pesan tersembunyi. Hoiser lane mempunyai lebar sekitar 3 meter berbentuk gang kecil yang lurus tapi bercabang.

Nah karena keindahan grafiti-grafiti yang menghiasi Hoiser lane menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh para turis. Para turis saling berseliwiran silih berganti untuk berfoto dengan latar belakang garfiti di Hoiser lane. 


4. Berbelanja sepuasnya di Queen Victoria Market
Source : http://www.thefifthestate.com.au/
Queen Victoria Market adalah sebuah landmark dan pasar yang paling terkenal di Melbourne. Dikenal dengan sebutan Queen Vic Market atau Vic Market. Pasar ini dinamai sesuai dengan nama Ratu Victoria yang memerintah Inggris pada tahun 1837-1901, pasar yang berumur sekitar 134 tahun ini memiliki luas mencapai 17 hektar dengan jumlah penjual mencapai 1000 orang. Kebayangkan betapa luasnya pasar ini.
Source : http://www.meldmagazine.com.au/
Vic Market menjual berbagai souvenir, pakaian, sayur, buah-buahan, bunga, bumbu dapur dan lain-lain. Kalo berbelanja Vic Market jangan heran kalo bertemu dengan penjual dari Indonesia karena di Vic Market ini banyak mahasiswa Indonesia yang bekerja paruh waktu. Vic Market tutup pada hari senin dan rabu jadi jangan sampai salah hari kalo mau berbelanja di Vic Market. Jika ke Vic Market jangan lupa mencicipi makanan khas Vic Market yaitu hot doughnut yang di jual di sebuah mobil van bertuliskan "American Doughnut Kitchen".


5. Bersenang-senang di Luna Park
Source : https://lunapark.com.au/
Luna Park adalah theme park pertama sekaligus tertua di Melbourne terletak ditepi pantai Port Phillip Bay di St Kilda, Victoria, sebuah daerah pinggiran Melbourne, dibuka sejak tahun 1912. Tiket masuknya sendiri GRATIS tapi jika ingin naik wahana baru bayar. Pertama kali sampai di Luna Park ini kita akan disambut pintu gerbang masuk yang unik berbentuk mulut Mr. Moon dengan mulut yang terbuka lebar seolah-olah akan memakan para pengunjung. Jangan dibandingkan dengan Universal Studio Singapore karena emang jauh berbeda di Luna Park ini theme parknya benar-benar old style. 

Luna Park mempunyai pertunjukan karnaval yang spektakuler dengan 18 wahana. Wahana di Luna Park diantanya  Roller Coaster Scenic Railway, kereta luncur yang akan membawa pengunjung berteriak sesuka hati menyusuri rel yang panjangnya belasan meter.Twin Dragon bangunan berupa bajak laut dengan desain kapal dari jepang, Slide Amerika Bowl, serta pertunjukan live di Istana Illusions atau G Force. Wahana lainya yaitu Chute Air, Ark Nuh, dan Carousel 4 serta wahana Sky Rider ferris wheel yang dibangun sejak tahun 1971. Luna Park buka mulai jam 11 siang waktu setempat.

6. Melihat jajaran bathing box warna-warni di Brighton Beach

Source : https://www.flickr.com/
Pasti diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan gambar diatas yang biasa dijadikan iklan musim panas di Australia, iya kotak warna-warni terletak di Melbourne bernama Brighton Beach. Brighton Beach berjarak sekitar 8 km dari St. Kilda. Untuk sampai ke Brighton Beach bisa menggunakan Metro Tram disambung dengan Metro Train dan sedikit berjalan kaki. Kotak warna-warni yang berada di Brighton Beach adalah sebuah bathing box atau tempat berjemur perorangan yang fungsi utamanya adalah sebagai tempat perlindungan dari cuaca, digunakan sebagai tempat ganti baju , dan penyimpanan barang. Sedangkan fungsi sosialnya untuk meningkatkan status karena tidak sembarang orang memiliki bathing box ini.

Untuk sekedar informasi para pemilik dari bathing box yang berukuran 2 X 2 meter ini tidak boleh sembarangan mengecat ulang bathing boxnya ataupun merubah konstruksinya. Kenapa karena pemilik bathing box akan masuk dalam kumpulan asosiasi bathing box Brighton yang akan mengatur ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan kepemilikannya. Mulai dari warna cat, corak dan bentuknya harus sesuai dengan pedoman yang telah disusun oleh Bayside City Council dan the Brighton Bathing Box Association.

=========================================================================

Gimana makin pengen pergi ke Australia kan! Nah buat kalian yang tidak mau repot mengurus rencana perjalanan wisata ke Australia bisa menggunakan jasa tour & travel H.I.S Indonesia. H.I.S Indonesia menyediakan layanan individual maupun group dengan tujuan perjalanan domestik maupun international serta berbagai produk guna memudahkan wisatamu. Dimulai dari tiket pesawat, penginapan, visa, dan tranportasi selama di Austrlia bisa diatur oleh H.I.S Indonesia. Kalian tinggal pilih mau pergi ke Australia bagian mana sesuai dengan keinginan dan budget. Banyak promo menarik juga yang ditawarkan oleh H.I.S Indonesia silahkan kunjungi websitenya disini.

*Tulisan ini juga diikut sertakan dalam kompetisi menulis blog yang diadakan oleh Kawaii Beauty Japan bekerja sama dengan H.I.S. Indonesia berhadiah paket musim panas ke Australia untuk 2 (dua) pemenang. Untuk mengetahui detailnya kontesnya silahkan cek Facebook dan Website H.I.S

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

91 komentar:

  1. Kece banget ya negara terbesar di dunia ini hehehe. Good luck kakak.

    ReplyDelete
  2. DUH!
    pengen banget ke Aus!
    next yearrrr!!on my bucket list! :D

    ReplyDelete
  3. Yang no 3 untung ga di Indonesia,Penuh itu ama orang nongkrong+warkop

    ReplyDelete
  4. Banyak juga spot menarik di Melbourne ya.....unik juga cerita tentang bathing box-nya, jadi pingin jalan2 ke sana. Coba sekali-sekali liburan ke Barcelona mas, kotanya klasik tapi teknologinya gak kalah modern dgn kota besar lainnya di dunia. Sebagai referensi bisa baca pengalaman saya ini: http://garisbatas.com/merasakan-kota-klasik-barcelona/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah sampe Barcelona aja keren maz semoga saya bs nyusul ke sana juga. hehehe

      Delete
  5. Keren2 ya mas tempatnya, semoga bisa kesitu.. aamiin..

    ReplyDelete
  6. Brighton Beach ini impian ku, krena ngehitnya tempat ini banyak yang mencontoh akhir nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berjemur-jemur manja ya maz cum di Brighton beach

      Delete
  7. No 6. Kalau di Indonesia bakal di coret-coret gak tuh sama wisatawan alay? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. bener banget tau sendiri anak alay, taman bunga RUSAK, jembatan AMBRUK.

      Delete
  8. Wah jadi pengen jalan-jalan ke Melbourne

    ReplyDelete
  9. Bagusnya. Andai tempatnya sedekat malang-surabaya. :) Btw, musim panas di sana apa sama dengan kemarau di sini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musim panas disana sampai 25 derajat celsius

      Delete
  10. Kapan ya bisa ke melbourne...semoga kapan2 bisa ke australia sama suami dan anak2. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, pasti seru pergi ke Melbourne sekeluarga :)

      Delete
  11. Kota kedua setelah sedney yang pengin gue kunjungi kalo ke australia. btw, pensaran sama gratisnya naik term di melbourne, kan enak jalan2 muter2 naik term, gratis lagi :D

    ReplyDelete
  12. Wisata ke Australia tempatnya keren - keren, apalagi di sediakan trem gratis buat wisatawan, hmmm mantap, kapan ya Indonesia menyediakan transportasi gratis untuk wisata. . .hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, negaranya sangat mendukung sekali dalam hal transportasi para wisatawan

      Delete
  13. salah satu destinasi impian ane, semoga di berika rejeki untuk bisa kesini hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah keren dan tertata ya mas..
    Semoga disini juga nggk kalah sama yg disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya maz semoga di negara kita transportasi publiknya lebih baik lagi

      Delete
  15. Waduh pengen banget gitu menapakkan kaki disitu... selama ini cuma bisa liat foto2 yang share sama travellingaddict doang... kapan ya bisa kesitu?

    ReplyDelete
  16. Waaa... ngileeerr.. semoga bisa segera ke sanaa. Tahun depan! Semangat :D

    ReplyDelete
  17. Pengen sih ke Australia. semoga kapan-kapan bisa kesampaian

    ReplyDelete
  18. Asik bgt kayaknya ya, bersih semua tempatnya :) Btw Gudluck mas, smoga menang kompetisinya :)

    ReplyDelete
  19. Waah asyik banget ini mah, jadi pengen ke Australia juga neh.

    ReplyDelete
  20. melbourne memang kota idaman :D selain pengen kesana rasanya pengen tinggal juga disana..
    anyway.. HIS bikin blog competition lagi yah :D hehehe ikut aahh

    ReplyDelete
  21. waw... keren keren ya tempat nya .. jadi kepingin main kesana ...

    ReplyDelete
  22. tremnya gratis pas summer aja, atau emang always free.
    Kayaknya kalau saya yang kesana, udah langsung 100 hal menarik aja deh..gak cuma 6
    Bisa kesana aja udah menarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trem nya always free sih, karena emang disediakan untuk turis yg berkunjung ke Melbourne

      Delete
  23. wih lokasi yg dipilih keren2 semua yaa, jd pengen ke sana, aah nabung, nabung, nabung dulu :-)

    good luck utk lombanya ya

    ReplyDelete
  24. Aussie sih udh ada dlm planning ku.. mw kesana itu hanya krn themepark di gold coast, namanya dreamworld , yg ada rollercoaster tower of terror.. ^o^. gila aku pgn banget naik itu :D.. relnya 90 derajat tegak lurus.. harus bisa kesana cuma naik itu pokoknya :D

    ReplyDelete
  25. Aku tertarik banget untuk mengenal seni dan budayanya itu, Mas :)

    ReplyDelete
  26. Bagus reviewnya, belum pernah kesana, jadi pingin

    ReplyDelete
  27. Pengen kesiniiiii... Doakan doakaan terkabul tahun depan.. Amiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... do'akan saya jg supaya menanh ya? #nitipdoa

      Delete
  28. kalau aku jelas pilih hore-hore di Luna Park hehe, secara emang dari kecil suka banget dengan wahana-wahana macam Dufan gitu. anyway baru tahu kalau disana ada trem gratis. Melb menarik!

    good luck masbro!

    ReplyDelete
  29. Nice sharing :)
    Salam Perkenalan dari blogger Malaysia.

    ReplyDelete
  30. liat graviti kayaknya keren uga,#ehh

    ReplyDelete
  31. Salam kenal mas. Salam blogger indonesia :)

    ReplyDelete
  32. Berkeliling kota dengan trem gratis? Wee hambok di Jogja ada kayak giniii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya kedepannya.. Ada transportasi gratis untuk para wisatawan di Jogja, amin

      Delete
  33. (( Berkeliling kota Melbourne dengan Trem Gratis )) terkadang yg city tour gini banyak dapat momen yg bagus yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya selain dapet momen bagus, hemat budget jg soalnya tremnya GRATIS

      Delete
  34. bakal makin jauh aja mas jalannya semoga banyak ilmu bisa dibawa pulang ke indonesia mas... selamat berjuang mas... sukses

    ReplyDelete
  35. Mau juga jalan-jalan ke Melbourne. Cantik banget kotanya.

    btw mas kalau komen, tolong URL blognya di bagian URL atau website ya. Kalau nulis di badan komen seperti ini bakal jadi brokenlink atau spam. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya melbourne cakep banget..
      terima kasih atas kunjungan baliknya :)

      Delete
  36. Aku juga mau dong ke Melbourne kak, ajakin aku yak :)

    ReplyDelete
  37. awww melbourne keren.... aku mana aja asal diajakin :p

    ReplyDelete
  38. Keren euy, semakin mupeng aja nih ke Aussie. Semoga ntar ada jalan kesananya

    ReplyDelete
  39. sambil nunggu update an budy, baca2 posting lama ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih loh... iya nih udah lama ga update :(

      Delete
  40. pengen juga main main ke Australia... berlibur bersama keluarga

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D