5 Tempat wisata di Ho Chi Minh City yang wajib kamu kunjungi

Jika ada yang bilang i love u Ho Chi Minh City adalah kota seribu motor, jujur saya jawab iya pemandangan banyaknya pengendara motor saat peak hour terlihat jelas saat saya baru sampai Ho Chi Minh City, uniknya pengendara di Ho Chi Minh City masih menggunakan helm batok yang dimana di Indonesia helm tersebut sudah dilarang. Mungkin beda negara beda kebijakan, selain itu semerawutnya kabel listrik yang menggulung tidak karuan di tiang listrik melengkapi Ho Chi Minh City.

Meskipun begitu Ho Chi Minh City punya banyak tempat wisata sejarah yang layak kalian kunjungi, Oh iya buat yang masih belum tau kalo Vietnam ini termasuk negara yang bebas visa dengan maksimal stay 30 hari, untuk mata uangnya sendiri negara ini menggunkan daun VND atau Vietnam Dong. Untuk pilihan transportasi dari bandara Tan So Nhat dapat menggunakan bus atau taxi. Sedikit info sebaiknya jika menggunakan taxi pilihlah taxi dari Vinasun / Mailih, untuk estimasi sekitar 30 menit argonya sekitar 160.000 VND.

Nah berikut adalah beberapa refrensi tempat wisata di Ho Chi Minh City, diantaranya :

1. Ho Chi Minh City Hall

Terletak di ujung Nguyen Hue Street, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Ho Chi Minh City Hall. Bangunan yang awalnya bernama Hotel de Ville Saigon ini dibangun pada tahun 1902-1908 pada masa penjajahan Prancis. sedikit informasi sebaiknya kalian mengunjungi City Hall pada malam hari karena saat malam hari lampu-lampu pada bagian luar gedung dinyalakan dan efek dari iluminiasi cahaya tersebut sangat menarik perhatian. Sayangnya kita tidak dapat masuk kedalam City Hall karena tempat ini tidak terbuka untuk public, jadi hanya bisa menikmati bagian luar City Hall saja. 

 2. Cu Chi Tunnels

Cu Chi Tunnels merupakan terowongan bawah tanah di Ho Chi Minh City, yang berlokasi di Cu Chi District. Waktu yang ditempuh untuk sampai ke Cu Chi Tunnels sekitar 1 jam dengan menggunakan Bus. Cu Chi Tunnels / terowongan ini  memiliki panjang sekitar 121 km, dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian para tentara Viet Kong saat perang berlangsung. Tapi saat ini Cu Chi Tunnels telah dijadikan war memorial park sekaligus dijadikan tempat wisata. Awalnya saya gak yakin bisa masuk ke terowongan sekecil itu tapi ternyata bisa. hehehe..

3. War Remnant Museum

Tempat berikutnya adalah War Remnant Museum dari namanya aja udah ketauan kalo tempat ini adalah Tempat Makan Museum. Kalo kalian kapan terkakhir ke Museum?? kalo saya sendiri terakhir ke Museum waktu kelas 7 atau smp. Akhirnya setelah sekian juta cahaya saya mengunjungi Museum lagi. War Remnant Museum ini berisikan berbagai peninggalan perang Indo - China 1yang sat itu Vietnam berhadapan dengan kolonial Prancis, barang-barang yang dipamerkan War Remnant Museum antara lain perlengkapan perang Amerika ( jet, helicopter, dan tank), dokumentasi kekejaman dan penyiksaan selama perang. agak ngeri sih tapi penasaran. War Remnant Museum buka setiap hari dari jam 07.30-17.00 berlokasi di 28 Vo Van Tanh Street, District 3.

4. Reunification Palace


Reunification Palace atau Independence Palace adalah sebuah banguan yang dulunya digunakan sebagai istana kepresidenan Vietnam selatan pada saat sebelum bersatu. Ciri khas istana kepresidenan pada umumnya hamparan rumput hijau yang luas di depan Reunification Palace ini tertata sangat rapi dan bersih. Reunification Palace dibangun pada tahun 1962-1966 oleh arsitek bernama Ngo Viet Thu dengan  gaya arsitektur memadukan gaya modern dan tradisional Vietnam. Tempat ini terletak di 135 Nam Ky Khoi Nghia Street. Buat yang pengen tau ada apa aja didalam Reunification Palace bisa klik disini.

5. Saigon Central Post Office

Terakhir adalah Saigon Central Post Office bangunan peninggalan sejarah yang dibangun pada akhir abad ke-19 terletak berdekatan dengan Cathedral Notre-Dame Basilica. Oh iya bangunan Saigon Central Post Office ini dibangun oleh Gustave Eiffel, yang juga merupakan arsitek terkenal perancang Menara Eiffel di Paris, Perancis. Amazing bukan?? sampai saat ini Saigon Central Post Office masih beroperasi sebagai kantor pos. 

Jadi kapan mau ke Ho Chi Minh City??

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

30 komentar:

  1. Susah banget y nyebut nama kotanya. Wah, di sana helm batok masih laku ya? kaya tentara semua berarti yaa. atau orang proyekan. haha.
    mas btw, lebar dan tinggi terowongan bawah tanahnya berapa ya? dan bisa muat berapa tentara d dalamny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar gampang di singkat aja HCMC, iya betul kaya helm proyek. Untuk lebar dan tinggi sih saya ga ngukur ya tapi cuma pas buat bada orang asia yg berpostur pendek dan kecil

      Delete
  2. Hampir sama kayak manila, kabel2 nya ala2 semua. Ngebayangin kalo konslet gimana menyelesaikan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya karena semrawut gitu jadinya ga pernah konslet. Xixixi

      Delete
  3. dari 5 itu 2 aku skip chu chi sama war remnant museum udah capek soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan lah ya, udah ke 3 tempat dari 5 tempat wisata diatas

      Delete
  4. Paling seru sepertinya di tempat goa gerilyawan Vietnam saat melawan USA. Katanya itu sempit banget tapi di dalamnya luas. Kerennn

    ReplyDelete
  5. wah vietnam ya.
    jadi pingin mampir kesana, bebas visa 30 hari kayaknya asik..

    ReplyDelete
  6. Ya, HMCC lebih mudah nyebutnya.. hehe

    semoga bisa ke tempat itu :)

    ReplyDelete
  7. Wah..vietnam ya?? Rata2 tempatnya identik dgn hal-hal kemiliteran/ pasca perang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mereka emang menjadikan tempat / sisa2 peperangan jadi tempat wisata

      Delete
  8. luar begeri kayaknya cuma sebatas mimpi buat saya mas... mantap mas... semoga berkah mas jalan"nya and manfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tetep optmis maz, ga ada yang ga mungkin kalo kita berdo'a,tawakal dan berusaha

      Delete
  9. waa belum sampai hon chi minh, tp udah pernah makan rumah makan saigon cafee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dimana tuh? biar bisa nostalgia makanan saigon

      Delete
  10. Ya ampun, aku terakhir pakai helm batok itu sekitar tahun 1998, lha kok di Vietnam hari gini masih boleh pakai helm begitu.

    Penasaran banget nih sama negara Uncle Ho, semoga suatu saat bisa jalan-jalan ke Vietnam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin beda negara beda kebijakan atau angka kematian pengendara motornya sedikit jadi mau pake helm batok ya aman2 aja

      Delete
    2. apa? ka titi tahun segitu udah pake helm batok ?

      Delete
  11. kaya Jakarta aja,, banyak banget motor.. tapi disana bawanya tertib gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirip Jakarta, ga terlalu tertib sama aja kaya di Jakarta

      Delete
  12. kalo di Saigon Central Post Office itu kita bisa beli postcard ya kak? aaak keren pasti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa karena masih befungsi sebagai kantor pos, entar kalo Dede kesana jangan lupa kirimin saya kartu pos yak ;)

      Delete
  13. Sama Tanah Air suasananya nyaman mana MAs, oo iya sayang kok dalemnya terowongan ngga difoto ya..konon terowongan itu dipake buat tempat sembunyi tentara dan pengungsi jaman perang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo disuruh pilih ya nyaman negeri sendiri dengan segala carut marutnya. Dalam terowongannya selain sempit dan gelap jadi agak susuah buat foto2 di dalem terowongan

      Delete
  14. wow di vietnam banyak banget sepeda motor ya..

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D