5 Alasan kenapa naik UBER itu aman

 
Beberapa hari yang lalu tepatnya Rabu (7/9/16) saya dan teman-teman Blogger & Instargrammer Bandung mendapatkan undangan dari Uber untuk acara Bandung Blogger and Instagrammer's Gathering di Brother Jonn & Son Jl. Cimbuleuit No.107 Bandung #NgumpulUBERBDG. Disana kita bertemu dengan Gia Adhika sebagai Marketing Manager Uber dan juga dengan Team Uber BDG. Acaranya seru, singkat, jelas dan hangat. Selain bisa bersilaturahmi dengan teman-teman Blogger & Instargrammer Bandung diacara ini juga saya bisa makan-makan GRATIS #priagratisan.

Gia menjelaskan tentang "Safety menggunakan Uber di Bandung"
Team dari Uber BDG
Nah yang menjadi tema di acara ini adalah temanya tentang "Safety menggunakan Uber di Bandung" Uber di Bandung memang baru ada sejak Juni 2015, walaupun masih baru mobil Uber di Bandung udah mulai banyak. Bahkan menurut  Gia, sekitar 42% Uber di Bandung sudah melayani perjalanan sampai ke wilayah luar kota Bandung misalnya ke Sumedang, Rancaekek, dll #emejing. Nah jika ngebahas Uber saat masih banyak kabar-kabur di luaran sana kalo Uber itu adalah "Taxi gelap" yang membuat para pengguna Uber menjadi ragu tentang keamanan menggunakan Uber terutama di Bandung.

Disini Gia menjelaskan Jika Uber bukanlah sebuah taxi tetapi sebuah aplikasi, Uber juga hanya bisa dipanggil menggunakan aplikasi, dan satu lagi Uber bukan perusahaan transportasi tapi merupakan perusaahan teknologi jadi Uber tidak memiliki atau mengoperasikan mobil serta pengemudi hanya platform Uber yang menghubungkan permintaan calon penumpang kepada rekanan perusahaan transportasi terdaftar yang meyewakan kendaraan, yang dikemudikan sopir profesional. Kemudian mengenai keamanan menggunakan Uber jangan khawatir ini menjadi prioritas #1 Uber. ini 5 alasan kenapa naik Uber itu aman :

1. Tempat Penjemputan
Dengan menggunakan aplikasi Uber, kita tidak usah bingung mencari tau alamat dimana kita akan dijemput karena kadang saya sendiri juga suka bingung ini ada dimana apalagi beberapa nama jalan di Kota Bandung banyak yang berubah semisal Jalan Riau menjadi Jalan RE Martadinata #maklumfaktorusia tapi dengan aplikasi Uber di henpon, maka akan secara otomatis mendeteksi lokasi penjemputan kalian. Setelah memesan mobil, sopir akan menjemput kamu di lokasi yang telah kamu tentukan sebelumnya.


2. Data Sopir dan Kendaraan
Sebelum sopir dan kendaraan datang, kalian bisa melihat identitas sopir. Mulai dari nama, foto, rating (yang diberikan penumpang), plat kendaraan, jenis kendaraan dan no telepon sopir tersebut. Yang terakhir penting nih siapa tau supirnya cewe cakep bak Sandra Dewi jadi bisa sekalian di save nomornya #dikeplakistri. Untuk segi kemanan sebaiknya kamu cek identitas sopir yang akan menjemput kamu tadi jika emang sesuai bisa melanjutkan perjalananya TAPI kalo data sopir dan kendaraan tidak sesuai sebaiknya kamu tolak/ cancel. Misal harusnya yang menjemput kamu itu adalah seorang bidadari perempuan tapi yang datang malah bapak-bapak kumisan gak sesuai kan. Dengan alasan apapun mereka kalo tidak sesuai kalian tolak/ cancel kemudian laporkan pada saat itu juga melalui aplikasi Uber di henpon kalian ada pilihannya di menu HELP.


3. Membagikan lokasi via ETA / PWT

Apaan tuh ETA?? , ETA adalah Estimated Time of Arrival atau dalam bahasa Indonesia nya adalah PWT (Perkiraan Waktu Tiba) jadi kegunanan dari ETA / PWT ini adalah kalian bisa membagi lokasi secara real-time ke orang-orang terdekat, melalui email/ sosmed. canggih kan! Fitur ETA / PWT ini dibuat Uber untuk kebutuhan keamanan karena lokasi kalian  akan terlacak. Bakal ketaun deh kalo yang suka boong bilang lagi OTW kalo janjian padahal masih di rumah #xixixi. ETA / PWT terletak di kanan bawah saat melakukan perjalanan ada tulisan "Send Estimated Time of Arrival" trus tinggal pilih mau di share pakai email / sosmed.


4. Gak usah bawa uang Cash
Buat yang suka ngutang lupa bawa uang cash seperti saya jangan khawatir karena Uber menerapkan pembayaran cash dan pembayaran menggunakan kartu kredit. Jujur sih saya sendiri emang prefer memilih cara pembayaran kedua menggunakan kartu kredit selain biasa bayar bulan depan #eh. Menggunakan kartu kredit juga lebih praktis menurut saya kenapa?? Karena tidak melakukan pertukaran uang antara sopir dan penumpang. tapi balik lagi ke kalian lebih nyaman menggunakan pembayaran yang mana cash / kartu kredit.


5. Memberikan rating kepada sopir
Nah yang terakhir ini kadang kita suka di anggap sepele padahal penting banget, apa itu? RATING, beberapa dari kalian mungkin langsung ngasih 5 bintang karena request dari sopirnya atau karena sopirnya cantik bak Sandra Dewi. Fine-fina aja sih kalo emang sopir tersebut selama pelayanan sopir membuat kalian nyaman, tapi kalo sebaliknya? kasian penumpang yang lainnya karena akan merasa tertipu dengan rating HOAX yang kalian berikan. Gak enak tau ditipu itu apalagi sama cewe #malahcurhat selain itu ini juga jadi acuan oleh pihak Uber terhadap penilaian supir tersebut supaya Uber bisa terus meningkatkan pelayananya. Oh iya rating ini muncul saat kalian sudah sampai di tujuan yang dietentukan, dan aplikasi Uber ini akan memunculkan jin tarif yang harus kamu bayar beserta penilaian atas pelayanan si sopir.

Jadi kapan kalian nikah naik Uber?? 

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

27 komentar:

  1. Sebenarnya Aplikasi Uber ini lebih bagus ketimbang Grab, Gojek dll.

    Cuman sayangnya di Indonesia nggak semua punya Kartu Kredit.

    Kalau di Luar negeri, cukup dg ATM saja bisa, karena fasilitas ATM bank LN ini sama saja kaya Kartu Kredit hanya nggak bisa buat ngutang.

    Kalau ATM bank di Indonesia sudah bisa berfungsi kata ATM bank LN pasti Uber bisa melebarkan pasarnya di Indonesia.

    Dan membuat hidup WNI jauh lebih mudah pastinya. Nggak usah ngotot punya CC cuman huat booking hotel diskon, Uber dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih bener juga, semoga Uber kedepanya ada pilihan deposit seperti Gojek jadi yang ga punya cc gak bingung.

      Delete
    2. tapi kan udah lama uber di Indonesia bisa bayar pakai uang cash :)

      Delete
    3. Iya sekarang sistem pembayran bisa menggunakan CC dan Tunai/ Cash kalo deposit belum ada

      Delete
  2. Saya pas di Jakarta pengen banget nyobain Uber. Apalagi kalau pas lagi sepi, bisa lebih murah dari pada GoCar. Tapi entah, hape saya dari awal di Jakarta sampe balik, gak bisa buat order. Error mulu T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo error gitu biasanya saya suka uninstal trus instal lagi kemudian log in menggunakan akun Uber yg telah dibuat sebelumnya :)

      Delete
  3. wah, asik juga jadi traveler , mantab dah . lanjutkan
    OBAT BATUK ANAK HERBAL

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah pakai heheheh. Semoga nanti kalau singgah ke kota seperti bandung dll bisa mencobanya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instal dulu aja jadi entar kalo pas mau pakai gampang :)

      Delete
  5. wahhh saya belum pernah nyoba ini, mungkin nanti kalau berkunjung lagi bisa saya cobain..naik UBERnya..

    ReplyDelete
  6. Mas, mau dong promo codenya haha

    Masih penasaran sama Uber Poolnya belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  7. Baru aja hari ini naik Uber. Kalo tarif murahan go car sih. Tapi kalo naik Uber teh berasa beunghar, gaya, keren �� anehlah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Teh ulu bisa aja, kalo soal tarif emang relatif ya teh cuma soal ketersediaan kendaraan saat ini lebih banyak Uber di banding kompetitor sejenis (kota Bandung)

      Delete
    2. Oh iya itu bener pisan. Pesen gocar & grabcar rada lama, pesen uber mah cepet. Terutama klo libur umat beragama kayak lebaran, uber masih banyak keliaran.

      Delete
  8. beberapa kali naik uber car agak kecewa sama tingkah supirnya kak. kurang bersahabat katanya kalo naik uber car pilihnya yang private bukan yang share cost kak karena kalo yang share cost cuma sedikit dapetnya.

    yaa tapi gue ngelihatnya tergantung pribadi masing masing supirnya sih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo emang nemu supir ya rese sebaiknya kita laporin aja pas diakhir perjalanan pasti kita bakal di suruh kasih rating kan nah disitu sekalian dijelasin juga tingkah rese supirnya supaya kedepannya gak ada lagi supir yang seperti itu :)

      Delete
  9. Jadi nanti kita cafe hopping di Bandung pake Uber kakak ya :D

    ReplyDelete
  10. Selamaat Bang Budy...
    Nanti bagi-bagi voucher code Uber nya yaa...

    Hhiihhii..

    ReplyDelete
  11. Belum pernah naik uber sayangnya saya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok donlot aplikasinya dan cobain naik Uber

      Delete
  12. Thanks buat reviewnya, Mas Budy. Jadi ga ragu lagi naek uber :)

    Untung Kasirin - Jago Excel
    http://jagoexcel.com

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D