Perlu Persiapan Mental Sebelum Ke Tuol Sleng, Kamboja

Gerbang Masuk Toul Sleng

Hmm.. persiapan mental? mau UN kali?

Bukan-bukan sekali lagi ini bukan tempat buat Ujian Nasional, tapi Tuol sleng itu adalah sebuah museum yang merupakan bekas sekolah yang disulap menjadi tempat pembantaian masyarakat Kamboja dan warga asing oleh rezim khmer merah atas perintah pimpinannya bernama Pol Pot. dari tahun 1975-1979 diperkirakan sekitar 17.000 - 20.000 orang tewas dibantai ditempat ini. (tempat yang gue kunjungin ini) begitu masuk gerbang suasana mencekam sudah mulai terasa. sebenarnya agak sedikit ragu antara jadi masuk ke dalam atau ngga. bukan karena gue ga berani ya! 

Tempat Pembelian Tiket
Tapi karena saat kesana gue pakai pakaian tidak senonoh yang kurang sopan. tapi untungnya ga ada masalah dan diperbolehkan oleh petugas. harga tiket masuk tuol sleng cukup terjangkau 2-3 US$ per-orang tapi kalo mau melakukan perekaman video atau menggunakan jasa guide akan dikenakan biaya tambahan lagi. Tuol sleng buka dari pukul 08:00 - 17:30.


Mengapa perlu persiapan mental sebelum kesini? karena kita akan dibawa flashback kemasa lalu saat kekejaman khmer terjadi. dimana kekejaman ini tidak pandang umur dari bayi sampai orang dewasa salah satu bentuk kekejaman mereka adalah untuk para wanita mereka akan mendapatkan pelecehan seksual terlebih dahulu sebelum disiksa, dan untuk para bayi yang menangis akan dilempar ke pintu besi dan dibenturkan ke pohon besar berkali-kali. ada juga tahanan yang distrum dicabut kukunya satu persatu dan disiram oleh air garam / cuka.

budy-jullianto
Gue Diantara Para Foto Korban
Entah tujuannya untuk dokumentasi atau apa, para korban yang akan disiksa mereka harus difoto terlebih dalulu. mereka dikurung di dalam sel tanpa alas dan tidak boleh berbicara satu sama lain. untuk makanan para tahanan hanya diberi makan 2 kali sehari dan itu pun hanya bubur encer. terkadang mereka dipaksa untuk memakan kotorannya sendiri dan meminum air seninya. kebayangkan kejamnya rezim khmer merah. 


 
Sempet beberapa kali gue mual dan pusing setelah naik roller coaster denger ceritanya dari pemandu wisata, dan liat ke ruang tahanan yang berukran 1X2 meter, karena di ruang tahanan ini bau amis dan bau anyir samar-samar masih tercium. saran gue sih bawa minyak angin atau permen deh kalo mau kesini. suasana disini itu intinya bikin mual. sumpah apalagi ada juga etalase sepatu tengkorak manusia yang tersusun dengan rapi. ini adalah tengkorak para korban pembantaian yang disimpan sebagai bukti kekejaman khmer merah.

budy-jullianto
Di tuol sleng DILARANG TERTAWA/ BERCANDA
Sebagai info tambahan museum ini terbagi jadi empat bangunan A, B, C dan D dan beriku penjelasannya :

A = Berisi sel yang besar dimana tubuh dari korban-korban terakhir ditemukan
B = Galery fotografi di sepanjang dindingnya yang berisikan foto para korban 
C = Sel - sel kecil yang berukuran 1X2 meter
D = Berisikan kenangan atau instrumen alat yang digunakan dalam penyiksaan

Pakaian Bekas Korban Pembantaian
Dibalik semua cerita menyedihkan di Tuol Sleng ternyata masih ada yang selamat Chum Mey adalah salah satu dari dua belas orang yang selamat dari hukuman penjara seumur hidup pada saat rezim khmer merah. Chum Mey dapat melarikan diri dari khmer merah ketika invasi dari Vietnam. Selain Chum Mey ada juga  Bou Meng yang berhasil selamat karena dia merupakan seorang pelukis dan dipilih keluar dari barisan tahanan untuk membuat potret pimpinan khmer Pol Pot. Chum Mey dan Bou Meng merupakan saksi hidup dari masa kegelapan rezim khmer merah. 

Tengkorak Para Korban Pembantaian
Salah Satu Sudut Bangunan Toul Sleng
Dan kisah menyedihkan ini pun dituangkan dalam sebuah film dokumenter yang dibuat oleh Rithy Panh, pria Perancis kelahiran Kamboja. yang mau kesini lokasi Tuol sleng berada di kota Phnom Penh tepatnya di persimpangan street 135 dan 113.

Jadi masih yakin mau ke Tuol Sleng, Kamboja?


About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

61 komentar:

  1. ada film dokumenternya yah ? baru tau, pengen banget nontonnya

    ini cambodia versi gue

    http://www.globepin.blogspot.com/2012/12/vietnam-cambodia-thailand-november-2011.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. artis Ari*l ama L*na M*aya aja ada videonya apalagi ini bukti sejarah #loh

      Delete
  2. serem... kalo sendiri ngga berani kali gw ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya kalo sana ajak gue yak, gue temenin

      Delete
  3. kok serem banget ya? duuhhh....ternyata jaman penjajahan itu tidak ada yang indah, semua dipenuhi dengan pembantaian hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, jaman penjajahan emang ga enak. tapi ini ga manusiawi banget yang ga sepaham ama rezim khmer merah main bantai aja ama om Pol Pot

      Delete
  4. harus rame-rame kalo sendiri g berani deh :)
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-stroke/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ramean, kaya nonton konser dong mba? hehehe...

      Delete
  5. Duh, kalau gitu nggak mau kesitu ah. Cukup tahu aja dari ceritanya.
    TFS, bro. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih seru merasakan langsung loh.. #KOMPOR

      Delete
  6. Ngilu aku kalo baca cerita pembantaian nya, ngebayangin di gilir rame2#gagalFokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya itu mimpi besarmu mas Cum ?? hahahaha

      Delete
    2. @cumi : hahaha... gila ya imaginasi mas Cum luhar biasa... main gilir di gilir ajah

      @goiq: owh,,, itu impiannya *NOTED*

      Delete
  7. waduh, itu kok serem bener ya.... saya kalo punya uang gak mau ke tempat begitu2 yang indah-indah dan nggak nyeremin aja..... hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo punya uang mending bagi-bagi gue aja mba? hehehe...

      Delete
  8. souvenirnya ada apa aja kalo dari sini? *nice report*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm.. ga liat ada yang jual souvenir di Toul Sleng. tapi tengkorak2 ex-pembantain lucu juga buat pajangan #makinngawur

      Delete
  9. gilaaa horror banget... menurut lo lebih horro mana ? rezim soeharto atau rezim khmer merah. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih horor ketemu mantan yang lagi gandengan tangan ama pacar barunya sih, kalo gue

      Delete
  10. Aih.. Oktober trip indocina jga, tpi kayak nya yang ini di skip deh.. Hehe

    Mampir kemari jga gan
    http://ranseltravel.com/blog/cara-mendapatkan-big-poin-air-asia-gratis/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih seru tripnya.. jangan lupa posting di blognya trip indocina-nya

      Delete
  11. Tempat ini bakal jadi list saya selanjutnya :) . seru

    http://galihmulya.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. must visit place lah menurut gue ini

      Delete
  12. wah menarik wisata sejarah disana, semoga bisa kesana
    @guru5seni8
    enulis di www.kartunet.or.id / http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mereka emang jualan sejarah buat jadi penarik parawisata

      Delete
  13. Emang serem lhan tempat ini. Kalaupun main ke kamboja, entah berani mampir kesini enggak :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke Jepang sendiri aja lu berani, masa ke Toul sleng ngga

      Delete
  14. bagaimana sih rasanya travelling ke tempat2 horor seperti ini? apa ngga terbawa sampai mimpi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya ga enak diajak kembali kemasa lalu, padahal kan gue udah moveon #mulaingaco

      Delete
  15. Di tempat ini gw gak bisa tersenyum..suasananya mencekam dan penuh duka..apalagi ketika naik tuk-tuk si Abang supirnya dgn bahasa inggris yang terbatas bercerita bahwa pada rezim Pol Pot ini 5 anggota keluarganya yang pria diculik dan tak pernah kembali. Ikut sedihh..
    Btw di Pnomh Penh sempat mampir ke warung Bali gak? Yg pny org Indonesia asal Karawang...dulu dari warung itu gw dibantuin cari sewa taxi buat ke Siem Reap krn mau jalan2 di Pnomh Penh sampai mlm tanpa menginap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah baru tau kalo di Phomh Penh ada Warung Bali. next kalo kesana lagi mampir ah...

      Delete
  16. ya ampun,serem bangetttt :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem + ngeri kak, apalagi pas ngebayangan saat pembantaiannya ga tega ;(

      Delete
  17. ini budi anak instagram bukan?
    gile udah kemana mana yah..

    sejarah kelam ttg kamboja satu ini emang jadi daya tarik turis luar.
    dari dulu pengen mampir kesini cuma belom ada tiket murah wkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak @hlga hehehe.. wih blogger juga ternyata keren-keren

      Delete
  18. etdah.. itu tengkorak di pajang udah kayak piala aja -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener juga, mau? kalo dikasih tapi harus dipajang di kamar! hehehe

      Delete
  19. Cerita tentang tempat ini aja udah serem, apalagi pake ditambah pajangan tengkorak itu... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo serem pengangan ama abang aja dek! #mulaiusaha

      Delete
  20. Ngapain gan datang ke sana, nggak ngeri?
    ntar ada yang ngikutin loh!

    tapi itu tempat pembantaiannya dijadikan tempat wisata plus lengkap sama baju dan tengkorak dari korban. Beneran harus siap mental ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeri sih, tapi penasaran.. amit-amit ada yang ngikutin *ketokmeja3X*

      Delete
  21. Aku ingat sekali pas kesana masuk ke dalam sel-sel tahanannya... Merinding!

    Keep traveling and writing yah :)

    ReplyDelete
  22. waktu aku main ke tuol sleng pas posisi sepi, pengunjung cuma sebiji dua biji, bener-bener kerasa aura mistisnya. aku paling tertegun pas liat foto ibu gendong bayi dengan kepala di bor pelan2, pilu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget berasa ikutan uji nyali, sayang ga ada kamera buat lambaikan tangan kalo nyerah

      Delete
  23. Jadi ini, nih blog alay yg udah kamu sebut :)

    Contoh artikel yg menurutku bagus n kuat.
    Info n pengetahuan mengenai fakta sejarah diceritakan oleh kamu dengan gaya tulismu yg oke.

    Semoga dengan disebarnya cerita kengerian genosida ini dapat memberi dampak bagi banyak orang utk merenungkan segala kesalahan yg terjadi di masa lalu. Dan diharapkan nggak bakal kejadian lagi di masa depan.

    Salah satu film dokumenter yg bisa bikin "melek" tentang kekejaman rezim Khmer Rouge:
    http://www.bbc.co.uk/programmes/b04plfkb

    "It's not just about the destination, but the journey"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang ALAY ya blognya :(
      btw thanks for visiting my blog

      Delete
  24. gk bisa dibayangkan yg kukunya dicabut trs disiram cuka. laillah..
    mending lgsg mati aja daah.. sereeeeeemmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. sereman mana sama ketemu mantan kak? xixixi

      Delete
  25. ngeri banget ya museumnya, apalagi kalau masih tercium bau amis meskipun samar-samar, kejam banget menbantai segitu banyaknya warga kamboja.

    ReplyDelete
  26. Untungnyaa aku pas ke Kamboja tapi nggak kesini. Nggak tahaan. Seremmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mba awalnya juga cuma penasaran aja ada apa aja eh taunya nyeremin museumnya ;(

      Delete
  27. wah mantep mas bisa ke museum" gini juga yah, untung gak di usir pergi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya di negeri sendiri aja jarang ke Museum

      Delete
  28. Wuih ngeri, Mas. Aku gak mau ke situ ah. Ajak ke tempat yang asyik aja. Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang masih banyak kok wisata asik di Kamboja selain Tuol sleng

      Delete
  29. Kamboja itu bagi gue freak banget dah! tapi sayang kemarin ga sempet ke phnom pehn, cuma ngabisin 3 hari siem reap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sayang banget gak sekalian ke Phnom penh :(

      Delete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D