Reunification Palace, salah satu landmark di HCMC

Reunification Palace (dok. pribadi)
Jadi gini gaes beberapa waktu yang lalu, tepatnya 2 minggu yang lalu gue baru aja pulang dari Ho chi minh city, Vietnam gak lama sih cuma 2 hari,  seperti biasa dengan pesawat kesayangan gue Airasia. karena lanjut ke Kamboja by bus. Nah karena waktu gue di Ho chi minh city yang sangat-sangat singkat jadi gue cuma bisa datengin ke beberapa tempat wisata yang gue anggap must see di Ho chi mint city Vietnam.
Tempat Pembelian Tiket (dok. pribadi)
Salah satu tempat yang gue datengin di Ho chi minh city adalah Reunification Palace yang dalam bahasa Vietnamnya disebut Dinh Thong Nhat. ini menjadi salah satu landmark Ho chi minh City. menurut info yang gue dapat kalo bangunan ini dibangun oleh seorang arsitek bernama Ngo viet thu. Nah tujuan awal dibuatnya bangunan ini adalah untuk tempat tinggal Presiden Vietnam Selatan selama perang Vietnam.

Tiket Masuk Reunification Palace (dok. pribadi)
Biaya masuk ke Reunification Palace ini sebesar 30.000 VND buka setiap hari dari pukul 07:30-16:00 gue kesini pas siang hari jadi lumayan rame dan banyak anak sekolah yang lagi tour gitu. oh iya meskipun tempat ini buka tiap hari namun jika ada acara-acara khusus tempat ini akan di tutup. jadi ya pastiin deh kalo mau kesini lagi ga ada event apa gitu. 

Pintu Masuk Kedalam Reunification Palace (dok. pribadi)
Pas dipintu masuk bukan hanya tiket aja yang diperiksa tapi barang bawaan juga kalo kita membawa tas yang berukuran besar bisa di titip di bagian keamanan karena hanya tas kecil yang diperbolehkan di bawa masuk. sama benda-benda tajam dan berbahaya seperti pisau lipat juga tidak diperbolehkan. ada bebrapa aturan juga jika kita masuk kedalam Reunification Palace diantaranya dilarang merokok, menginjak rumput, dan menyentuh display yang ada di dalam istana.

Tampak dalam Reunification Palace (dok. pribadi)
Isi Reunification cuma tangga doang? sekilas nampak seperti lobi hotel kalo menurut gue. Eits tunngu dulu ternyata untuk pengunjung atau wisatawan kita menggunakan tangga lain. itu hanya tangga khusus buat tamu VIP kenegaraan aja. didalam Reunification Palace ini ada banyak ruangan yang gue sendiri gak hapal kalo ditanya satu persatu tapi kurang lebih di dalam ini itu ada seperti kantor Kepresidenan, Ruangan menerima tamu, dan lain sebagainya.

Cabinet Room (dok. pribadi)

Penjelasan tentang isi dan kegunaan ruangan (dok. pribadi)
Cabinet room ini adalah ruangan pertama yang gue masuki karena letaknya ada dilantai bawah, di dalam sini ada beberapa guide yang akan menjelaskan tentang isi dan kegunaan tiap ruangan. tapi kalo ga nemu guidenya mungkin dia sedang kebelet pipis jangan sedih karena ada penjelasan singkat pada setiap ruangan. tapi pastiin dulu lo bisa baca dan ngerti bahasa inggris. karena percuma aja ada penjelasan tapi lo ga bisa baca. 

State Banqueting Hall (dok. pribadi)
Tenang ada penjelsannya juga (dok. pribadi)
Ruangan selanjutnya adalah State Banqueting Hall, singkatnya sih semacam ruang makan untuk para tamu kenegaraan. atau untuk lengkapnya silahkan lo baca sendiri. hahaha... di Reunification palace ini ada 4 lantai yang tiap lantai memiliki macam-macam ruangan yang unik ada semacam ruangan pertunjukan/ bioskop mini.

Ruang pertunjukan/ bioskop (dok. pribadi)
budy-jullianto
Narsis depan ruangan yang gue lupa namanya (dok. pribadi)
Setelah menjelajahi dari mulai lantai 1, 2, 3, dan akhirnya sampai di lantai paling atas ( lantai 4 ) disini ada sebuah helipad lengkap dengan helikopternya tua US UH-1. bagian atap ini dulunya memang digunakan untuk mengevakuasi para staff sebelum istana diserbu. gue pikir tournya berakhir disini. tapi ternyata ngga. kita dibawa lagi lantai paling bawah (baca: basement) disini terdapat semacam bunker lengakap dengan peralatan radio tua sampai peta strategi yang terdapat di tembok. dan tour pun berakhir di basement.

Helikopter US UH-1 (dok. pribadi)
Ho chi minh city ini memang menjual perjalanan sejarahnya perangnya untuk dijadikan tempat wisata. jadi kapan NIKAH? eh kesini maksudnya.

THE INDEPENDENCE PALACE / REUNIFICATON PALACE
135 Nam Kỳ Khởi Nghĩa, Bến Thành, Quận 1, 
Hồ Chí Minh, Vietnam


About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

21 komentar:

  1. Jadi itu cuma gedung doang gitu?
    Gue sih pengen ke chuchi tunnel.. ah gue belum ke Vietnam :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gedung gitu doang, tapi eits jgn sedih aku juga ke chuchi tunnel juga loh..

      Delete
  2. Dalemnya kayak istana Bogor juga tuh Mas buddy...

    ReplyDelete
  3. Mirip sih sama Istana Bogor, tapi menurutku masih bagusan Istana Bogor lho.

    Btw, orang2 kok udah pada sampe Vietnam sih? *nangis di pojokan* :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarin ah bagusan Istana Bogor juga.. *brb ke istana bogor*

      Delete
  4. baju garis² ijo nya mirip baju temen gw
    #LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah pasti banyak yg sama lah orang gue beli bajunya di pasar gembrong

      Delete
  5. kok foto sendiri ?? pukpuk teman-temannya Budi :))) *Kaboooor*

    ReplyDelete
  6. Aku ngak suka sejarah dan masa lalu, aku orang nya cepet move on kak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap jangan curhat dimari yaa mas Cum.. :D

      Delete
  7. hahah jadi inget waktu itu pas gue ke sini, ngeloyor gabung sama guided tour yg lagi berlangsung, ikutan pake yg bahasa korea, bahasa Belanda sampe bahasa Jepang, guenya sih ga ngerti yang penting bisa muterin museum ngga sendirian aja, info2 museumnya gue baca sendiri dari petunjuk sama dari brosur hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super kratif sekali mba yang satu ini, buat yang pergi sendiri kesini bisa di coba ya

      Delete
  8. Must try kesini berarti. Tgl 20 april ini Aku ke Ho Chi minh kak, mau tanya dong disana enakan pake DONG atau Dollar Kak kalo bayar-bayar. Thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik jalan2, ikutttt
      Disana dolar/ dong sama2 bisa digunain. cuma karena beli dong di bandung aga susah jadi saya bawanya dolar. tapi kalo kita bayar pake dolar kembaliannya pasti pake dong :(

      Delete
    2. Kak baru baca komennya. Aslinya di Bandung emang gaada DONG pas kemaren ke GMC juga, ditukernya pake Dolar, dan segepok rupiah berubah menjadi beberapa lembar dolar. Sedih. Tapi disana, uweee kaya lagiiiii ternyata hehee. Thanks infonya.

      Delete
  9. Yeaayyyy Finally gue kesitu juga kak kemarin, berhubung gue bego bgt sejarah dan passion gue di modeling, jadinya malah banyak foto2nya daripada nanya2 tour guide nya muikikikii. Tapi emang ya tempat ini wajib bgt dikunjungin sih. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru... beda tipis ya passion jadi model dan narsis, hahaha

      Delete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D