Jangan salah pilih Travel agent

My Frist Visa..

Gila udah lama banget gue gak posting, padahal kemaren-kemaren niat bakal posting sebulan minimal 4 atau seminggu sekali lah. tapi kadang rencana tidak sesuai dengan realita. #malahcurhat

Oke well kali ini gue bakal ngebahas soal susah dan butuh kesabarannya buat apply visa Korea buat gue, karena mungkin buat beberapa orang proses pembuatan visa Korea itu menjadi sangat mudah. berawal dari tiket Jakarta-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Seoul, dan Seoul-Manila, Manila-Jakarta yang gue beli pas ada promo tahun kemarin atau tepatnya setahun yang lalu. Waktu itu tanpa pikir panjang pas liat ada promo Air Asia ke Korea gue main beli aja.


Dan tiba saatnya beberapa bulan sebelum keberangkatan, baru gue sibuk nyari info bagaimana cara apply visa korea mulai dari tanya ke forum-forum travelling, googling, sampe nanya ke orangnya langsung yang udah pernah apply visa Korea. kesimpulan yang gue ambil dari semua itu pertama dokumen atau persyaratan pengajuan visa korea harus lengkap (infonya bisa di liat disini ) kedua soal saldo tabungan gak harus berpuluh-puluh juta yang penting bisa disesuain saldonya dengan jumlah lama kalian pergi ke Korea. nah berbekal kesimpulan yang gue simpulin sendiri itu membuat gue lebih termotivasi buat apply sendiri ke kedutaan Korea Langsung. 

Tapi lagi-lagi kadang rencana tidak sesuai dengan realita. Karena bulan-bulan ini gue lagi ngirit jumlah cuti yang sudah mulai menipis. disini kan posisi gue kerja di Bandung dan apply visa Korea kedutaanya di Jakarta pasti mau gak mau gue musti gak masuk kerja. jadi berdasarkan pertimbangan ongkos jalan pergi ke Jakarta dan apply visa melalui travel agent selisihnya gak beda jauh. gue putusin buat bikin visa melalui travel agent aja. 

Menurut rekomendasi seorang kenalan di sebuah group facebook Backpacker Dunia Mba Nia namanya. yang kebetulan dia sama-sama orang Bandung juga. dan sudah 2 kali pergi ke Korea dia selalu menggunakan travel agent ini ( DUTA WISATA TOUR & TRAVEL ) akhirnya gue juga ikutan menggunakan jasa travel agent ini. Mba Nia sendiri udah sempat bilang juga sih kalo agak lama selesainya dibandingkan kita apply sendiri. visanya aja selesai sampai 3 mingguan sementara kalo datang langsung keputusan di approve gaknya cuma sekitar seminggu. 

Tepat 1 bulan 15 hari gue datang ke travel diatas buat nyerahin persyaratan apa aja yg dibutuhkan karena sebelummya gw udah nelepon dan membayar biaya pembuatan visa sebesar Rp. 750.000,-. gue bawa persyaratan yang diminta seperti :
  • ·         Paspor asli
  • ·         Copy KTP
  • ·         Surat rekomendasi perusahaan
  • ·         Rekening  koran 3 bulan terakhir
  • ·         Copy tiket PP Korea
  • ·         Copy bookingan hostel
  • ·         Surat izin orang tua
  • ·         Foto Ukuran 4X6 = 2 buah
  • ·         Kalo gue ditambah dengan SIUP
Nota pembayaran visa Korea Gue

Pihak travelnya juga bilang sih paling selesainya 2 mingguan, oke gue jawab iya-iya ajah. dan gak ketinggalan mereka juga bilang kalo keputusan di approve gaknya ada dipihak kedutaan Korea karena memang hak "prerogatif" negara yang dituju untuk menerima atau menolak sesorang masuk ke negaranya. gue jawab iya-iya lagi.

2 minggu pun berlalu dan ternyata masih belum ada jawaban, gue rasa sih tuh pihak travel apply visanya itu barengan ama rombongan travel ke Korea mereka (gue tau mereka ada jadwal trip ke Korea juga). masa belum kabar kapan tanggal jadinya setau gue dan informasi yang gue tau kalo kita apply sendiri bakal dikasih tanda terima dan disitu tertera tanggal pengambilan visanya (tapi harus nelepon dulu buat mastiin udah apa belumnya). oke gue masih sabar.

Setelah seminggu kemudian gue tanya lagi katanya masih ada persyaratan yang kurang yaitu Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI mampus mana gue kaga punya SPT PPH 21, bukan gue gak taat pajak ya! emang dari kantor gue kaga ada. akhirnya kata pihak travel suruh bikin surat keterangan yang menyatakan bahwa kantor gue gak ngasih SPT PPH 21 dan menggantinya dengan Surat keterangan pemegang program jamsostek.

Akhirnya tepat 2 minggu setelah gue ngasih persyaratan yang kurang diatas, visa korea gue selesai juga dan pasport ijo TKW gue udah ada stiker visanya. (untuk pertama kalinya).pihak travel beralasan sih di bulan mei itu banyak tanggal merahnya jadi ketunda-tunda. Whateverlah!!! kalo diitung-itung lama proses pembuatan visa gue 5 minggu dong, seminggu lagi sebelum keberangkatan gue ke Korea. nah gak gampang kan kalo buat gue sampe ngabisin waktu 5 minggu.

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

9 komentar:

  1. Surat ijin orang tua??? HAH??? elo masih di bawah umur bro hahaha.

    SIUP sm SPT PPh gue gak pake juga ah, ribet neh sama agen, untung waktu itu temen gue siap nolong ngurusin hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena wajah gue yg masih babi face kali

      Iya sih pake travel jatohnya lebih ribet daripada apply sendiri. Wih baik bgt sih tmn lu mau dititipin bikin visa.

      Delete
  2. Kalau aku sampai sekarang belum keluar kak...belum apply sih..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakaka.. Apanya yg keluar nih? *salah fokus*

      Delete
  3. Wah, aku belum pernah ke Korea!
    Kapan yaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah ke Korea, tapi mau ke USA.. :(

      *envy maksimal*

      Delete
  4. Aku lg nunggu visa ni ka -_- dr tgal 13 oktober smpe skrg tgl 28 oktober blm jg kluar hasilnya .. aku cek lwat online data masih di proses trus .. aku tlfon jg katanya besok besok trus .. duhh visa korea bikin galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuncinya SABAR, banyak berdo'a dan tawakal #loh emang aga lama sih kadang suka miss dari waktu yang di janjikan

      Delete
  5. Hai, aku mau tumpang tanya, surat pernyataannya kamu bikinnya seperti apa boleh tau (contoh alasan2nya), dan kalo aku gak punya surat jamsostek juga atau yang lain2 menurutmu boleh gak??

    Semoga dibaca dan dibalas komen saya.. amin

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D