5 Cara nitip oleh-oleh yang baik

Sumber : Gugel
Nitip oleh-oleh adalah hal yang menyenangkan bagi pihak penitip dan hal yang malesin bagi pihak yang dititipin. Ngerti gak lu maksudnya? "Engga?" Bilang iya aja ya biar cepet. Jadi gini loh biar pihak yang dititipin gak ngerasa direpotin sebagai pihak penitip seharusnya lu lakukan hal-hal dibawah ini dulu :

1.Googling

Sumber : Gugel
Kok, yang nitip suruh google? Mau bikin itinerary apa? Eits jangan salah sebagai pihak penitip lu juga harus cerdas dalam nitip oleh-oleh. Maksudnya barang titipan yang lu titip itu jelas belinya dimana, jadi pihak yg dititipin gak bingung muter-muter nyari barang titipan lu. Menurut ngana? Dia pergi ke luar negeri cuma buat beliin titipan lu doang! Bisa aja sih asal lu tanggung semua ongkosnya. Hahaha...

2.Kasih uangnya dulu

Sumber : Gugel
 Pihak yang dititipin bakal ngerasa tenang kalo lu ngasih uang duluan buat beli barang titipan lu. Soalnya mungkin aja dia bawa uangnya pas-pasan. Jadi gak ada alesan buat dia ngeles kalo lu udah ngasih uangnya duluan.

3.Janji bakal ganti

Sumber : Gugel
Berdasarkan pengalaman gw dan sedikit curcol, kebanyakan pihak penitip yang bilang "eh gw nitip ini dong, nanti gw ganti" pas udah kita talangin beliin mereka suka belaga lupa bin oon kalo pas giliran suruh ganti. Ada aja alesannya "ntr ya bro, gw belum dapat arisan", "nanti ya bro, pas gajian" dan akhirnya hari demi hari, bulan demi bulan dia pun gak bayar. Nyesek! Dan yakin kalo lu mau nitip lagi gak akan dibeliin.

4.Titip barang yang wajar

Sumber : Gugel
Iya yang wajar, jadi gini gw punya temen gak usah sebut nama gak enak ama orangnya. Kita panggil aja  "Niken" nah temen gw ini dapet semacam undangan apa mau main gw juga gak ngerti. ke temennya yang ada di Turki, temennya orang indo juga sih tapi sekarang stay disono. Jadi sebelum pergi Turki itu si temennya udah mesen ini itu buat dibawain ke Turki diantaranya adalah pecel lele, boneka anaknya yg ngabisin space bagasi, koleksi dvd bajakannya, dll  kalo nitip begituan agak ngerepotin yak.

5.Say thank you


Sumber : Gugel
Ini juga hal yang penting, seperti yang udah orang tua kalian ajarin untuk berterima kasih kepada siapa pun yang ngebantu kita apalagi ini pihak yang dititipin. Karena ucapan sederhana ini bakalan menjadi sangat berarti bagi pihak yang dititipin. 


About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

14 komentar:

  1. Dan gw ngak mau terima titipan oleh2 apapun itu meskipun di kasih duit duluan.... Ribettttttt, gw mau liburan bukan mau belanja ngurusin oleh2. Kecuali lw mau bayar 5x lipat baru gw cariin.

    ReplyDelete
  2. Wak, Mas Cumi matreee tapi iyak sih harusnya kita dibayar lebih kalo mau nitip. Hehehe..

    ReplyDelete
  3. Dulu sih sering basa-basi "Mau nitip apa?", kalo sekarang mah ogah hahaha, selain saya suka bawa tas ransel waktu travelling, juga ribet mikir duit kurang di jalan kalau ada beban "oleh-oleh" :-D
    So...say goodbye untuk "teman nitip oleh-oleh" kecuali memang dari lubuk hati sendiri mau bawain temen barang kenangan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lama-lama ngeselin klo ada yg mau titip oleh. Daripada ribet mending gak usah or pura2 lupa :D

      Delete
  4. Wah sama nih prinsipnya!

    Tapi kalau ada budget lebih, saya emang suka beliin oleh2 buat orang2 terdekat, walaupun tanpa diminta. Seneng aja kasih kejutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, kalo buat org terdekat mah pasti bela-belain beli apalagi nyokap..

      Delete
  5. Tipsnya keren mas... ada juga tipsnya ternyata, mungkin semacam etika ya, seperti etika nya itu... kalau nitip mendingan kasih uangnya dulu, kasihan kan yang dititipin, yakin deh pasti dia mikir...dibayar atau digantiin nggk ya uangnya...

    ReplyDelete
  6. gw orgnya gk tegaan klo ada yg nitip pasti diiyain meskipin gk dikasih duit dan fix barang bawaan gw semuanya titipan drpd blanjaan gw sendiri.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha,, gue juga pernah ngerasain kaya gitu

      Delete
  7. Kalau saya sih mau nitip ke temen tapi gak mau bayarin *janganditiru hahaha

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D