Pengalaman Pertama Kalinya Naik Kereta Api


Mungkin buat sebagian orang naik kereta api itu bukan sesuatu yang istimewa atau bisa disebut biasa aja. Tapi nggak buat gw yang udah segede gini tapi sama sekali belum pernah naik kereta api Indonesia (KAI) norak yak? “BIARIN…”  photo blacko-emoticon-02_zpsf3b3540a.gif Makanya pas ada kesempatan pergi ke semarang menggunakan KAI gw exited banget. Padahal kata temen gw kan lu udah pernah naik kereta di Kuala Lumpur? Sama aja kali gitu gitu juga? “BIARIN…”  photo blacko-emoticon-02_zpsf3b3540a.gif


Perjalanan pertama gw naik kerta ini di mulai pada (20/9/2013) dengan rute statsiun bandung – stasiun tawang semarang menggunakan kereta api harina. Kereta api harina adalah kereta api eksekutif yang melayani bandung-semarang dan sebaliknya. Dan menurut kang wikipedia kata harina itu sendiri diambil dari bahasa sanskerta yang artinya kijang.


Di tiket yang gw beli online dari situs www.kereta-api.co.id tercetak kalo keberangkatan gw pukul 20.45 – 04.20. jadi sebelum jam keberangkatan gw udah standby di stasiun. Karena gw beli tiket online otomatis harus menukarkan terlebih dahulu  bukti pembayaran yang dikirim via email ke tiket kereta.

Nah untuk penukaran bukti transaksi dari mitra KAI yang diperbolehkan itu diantaranya struk/ resi pembayaran, print out email (konfirmasi sudah bayar), print out transaksi internet banking. Menunjukan sms notifikasi, menunjukan konfirmasi dari aplikasi pemesanan di smartphone. terus kalo semua bukti diatas hilang jangan sedih lu masih bisa menukarkannya asal lu bisa joget cesar di depan petugas stasiun..  photo blacko-emoticon-06_zps83cd4975.gif

Gak  gak becanda. Asal lu bisa menyebutkan kode booking (6 karakter) atau kode pembayaran (13 karakter) dari web KAI / contact center 121. kalo pake kode web mitra KAI yang panjang-panjang itu gak bisa, soalnya gak akan ke detect di customer servicenya.

Setelah print out email (konfirmasi sudah bayar) di tukar dengan tiket, saatnya gw nunggu di boarding room. Hah? “lu naik pesawat apa kereta api bud?”  iya itulah semacam ruang tunggu. Yang sebelum masuk ke ruangan yang pemandangannya rel kereta, terhampar sepanjang mata memandang. Sebelum bisa masuk kesini lu harus menunjukan tiket kereta api dan identitas diri (KTP).

Dan akhirnya kereta api harina pun tiba dengan tidak tepat waktu. Ya delay gitu lah. Sebelum kita naik ke dalam kereta itu pastiin lu naik gerbong yang sesuai dengan yang tertera ditiket disini lu harus lebih aktif nanya-nanya dimana gerbong yang dimaksud kalo lu gak mau salah gerbong. Soalnya gw sempet salah gebong.. “memalukan !!” BIARIN… photo blacko-emoticon-07_zps1bef6951.gif gw pun duduk manis di gebong dan no seat yang sesuai dengan tiket. sambil mengambil beberapa gambar (untuk bahan postingan).

Suasana dalam kereta api harina
Sebelum kereta api berjalan gw sempat bingung dikasih semacam handuk oleh petugas. Eh ternya bukan handuk itu adalah selimut. 


Dikasih (pinjem) selimut


Plastik kalo lu jackpot (muntah)


Tak lama keretapun berjalan, ada yang unik dalam perjalanan gw, rute yang dilewati itu bukan kearah timur tapi kearah barat menuju cikampek. Gw sempet parno “OMG gw salah gerbong?”  photo blacko-emoticon-07_zps1bef6951.giftapi karena belum pernah naik kereta api sama sekali ya jadi gw pasrah aja kemana kereta ini pergi gw ikut…

Tapi ternyata emang rutenya begitu kita ke cikampek dulu terus berbalik kea rah timur melewati cirebon, tegal, pekalongan, sampai semarang. Perjalanan yang ditempuh itu kurang lebih sekitar 450km. “emang lu sempet ngukur juga bud?” ya ngga lah gw tau dari mbah google. Dengan menempuh waktu kurang lebih 8 jam akhirnya sampailah gw di stasiun tawang semarang.

Happy Travelling

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

8 komentar:

  1. Enak, nih kalo yg eksekutif!

    Pengalaman ane dulu pernah ambil yg bisnis n ekonomi AC. Sialnya, punggung saya jadi kaku nggak jelas karena senderannya 90 derajat.

    Posisi bangku berhadap2an yg membuat keadaan makin awkward (bila mau tidur).

    Gmn kalo ambil yg ekonomi ya...

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. pengen sih gw nyobain yg ekonomi, tp karena ini first time gw naik kereta api dan jaraknya cukup jauh jd gw cari aman. hehehe...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Ayo makanya cobain naik kereta. Tapi cobaiin yg ekonomi aja biar kesannya backpacker banget. Hehehe..

      Delete
  4. Saya uda pernah cobain eksekutif dan Ekonomi, semuanya punya cerita masing-masing.

    Saya sih lebih suka eksekutif, tapi harganya mahal banget untuk ukuran backpacker

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen ah gw juga nyobain yg ekonomi biar bs duduk depan2an ama orang. Xixixi..

      Delete
  5. Harga tiket kereta exe ama tiket pesawat lebih murah pesawat jadi dah lama ngak naik kereta hahaha.

    Jadi kangen naik kereta ke sby nich :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jg sih kalo dipikir-pikir secara maskapai buget banyak yg ngasih promo

      Delete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D