Semarang rasa China ( Sam poo kong )


Menurut wikipedia klenteng sam poo kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama laksamana tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho terletak di daerah simongan, sebelah barat daya kota semarang.

Sepulang dari lawang sewu kemarin (21/9/13) gw sempetin mengunjungi sebuah klenteng yang bernama Sam poo kong letaknya di jalan simongan raya 129. jarak dari lawang sewu pun tidak terlalu jauh. gw tau tempat ini sebenernya dari hasil googling.

Dan kenapa gw memutuskan untuk mengunjungi sam poo kong ini selain karena jaraknya yang tidak jauh dari lawang sewu adalagi yang bikin gw tertarik kesini. Yaitu harga tiket masuk yang murah (Rp. 3000,-) hehehe..  maklum murahan. (pecinta harga murah).  photo crazy-monkey-emoticon-022_zpse13ff894.gif  Dari kejauhan sudah terlihat kalo mau nyari sam poo kong karena lokasinya yang pinggir jalan besar dan warna bangunannya yang merah mencolok.


Tetep nyengir walaupun panas !
Mirip di china, bukan?

Meskipun gw belum pernah ke Cina tapi mungkin someday. Tapi temen gw (Daniel) udah sih. Dan melihat hasil dari hasil foto-foto dia yang floating di path. Sedikit curhat, Pokonya tuh pas dia ke china selama kurang lebih seminggu itu layar path gw penuh ama muka dia. gw bukannya iri sih dia pergi cina tapi gw sirik aja. Menurut gw bangunan yang ada di klenteng sam poo kong ini gak beda jauh lah ama cina. beberapa temen gw juga sempet ke tipu pas gw pasang foto gw di sam poo kong sebagai PP mesengger.

Niat banget gw compare foto gw ama daniel

Kenapa gw bilang mirip karena dari bentuk bangunannya yang cina banget!. “ngerti gak lu?” iya gitu deh pokoknya berasa dicina dan selain dari bentuk bangunan dan warna bangunan yang merah mencolok juga membuat klenteng ini berasa di cina padahal gw lagi di semarang.

Warna merah mendominasi disini

Gerbang masuk sam poo kong

Sam poo kong ini terdiri atas beberapa anjungan yaitu klenteng besar dan gua sam poo kong, klenteng tho tee kong, dan empat tempat pemujaan. Nah  di klenteng besar dan gua ini memiliki mata air yang tidak pernah kering dan dipercaya pernah menjadi tempat petilasan laksamana Zheng He / Cheng Ho. Bentuk klenteng sam poo kong adalah bangunan tunggal yang beratap susun. Yang berbeda dari klenteng lainnya klenteng ini tidak memiliki serambi terpisah. Jadi kalo lu pengen berasa di cina datanglah ke sam poo kong, hehehe…









Happy Traveliing

About Budy TravellingAddict

Budy TravellingAddict
Recommended Posts × +

16 komentar:

  1. benar-benar mirip di china, asli nggak nyangka kalo ini ada di semarang....luarbiasa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... Benerkan kata gw jg mirip di cina

      Delete
  2. itu masuk kedalam gedung klentengnya gratis ya? saya waktu itu pengen masuk cuman takut bayar. cerah ya matahari disana (panas) :D

    ReplyDelete
  3. Hahaha... Sama dong gw juga di sekitaran klentengnya gak masuk ke dalam. Iya cerah banget!!!

    ReplyDelete
  4. kalo bandingin poto china nya, emang mirip banget yak...
    keren!!!

    -salam kenal-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren yak, yang di dlm foto jg gak kalah keren. Hehehe.. Salam kenal jg mas bro

      Delete
  5. gaya habis, aku belum pernah kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Ya sayang bgt blm pernah ke Sam Pho Kong :(

      Delete
  6. 2 minggu lalu ke Semarang, tapi gak sempat berkunjung ke sam poo kong padahal uda masuh itinerary. Gagal karena waktu yang cukup, uda kesorean klo mau kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... Balik lagi gih ke semarang hahaha...

      Delete
  7. Kalo masuk sini berasa kayak di luar negeri. Tapi panasnya yang gak tahan 😫

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berasa di cina gimana gitu (padahal blm pernah kesana) emang kalo siang panasnya poll

      Delete
  8. Wah kemarin ane juga baru dari sana mas :D

    ReplyDelete
  9. wahh tiket masuknya murah banget ya gan.

    ReplyDelete
  10. wah sipp mas infonya oh ya mas rencana bulan akan datang saya kesini mas dari terminal utama naik apa mas untuk ke tampat ini

    ReplyDelete

Ciye.. yang udah baca-baca, tapi gak KOMEN :D